4 11, Jihad atau Politik ?

suasana-terkini-demo-4-november-dari-masjid-istiqlal-a1icbyujybFoto: Aksi 4 November di depan gedung Istana Merdea

Sumber: Okezone.com
Pada tanggal 4 November 2016 lalu, sebagian masyarakat islam di Indonesia mengadakan aksi demonstrasi atas penindasan agama oleh gubernur DKI Jakarta non aktif Basuki Tjahya Purnama, atau  sering kita sebut ahok. Mereka berpendapat bahwasanya ahok telah menistakan islam. Ahok mengatakan ketika beliau melakukan kunjungan kerja di Kepulauan Seribu “Dibohongi pakek surat Al-maidah ayat 51”. Akan tetapi banyak juga yang mendukung ahok.

Jika dilihat dari segi hukum, memang bisa jadi beliau bersalah. Akan tetapi kita tidak tahu niat seseorang apakah memang beliau sengaja menistakan agama islam. Menurut pasal 156a KUHP dikatakan:

Dipidana dengan pidana penjara selama-lamanya lima tahun barang siapa dengan sengaja di muka umum mengeluarkan perasaan atau melakukan perbuatan:
a. yang pada pokoknya bersifat permusuhan, penyalahgunaan atau penodaan terhadap suatu agama yang dianut di Indonesia;
b. dengan maksud agar supaya orang tidak menganut agama apa pun juga, yang bersendikan Ketuhanan Yang Maha Esa.
Disini dikatakan bahwa barang siapa dengan sengaja mengeluarkan  atau melakukan perbuatan yang bersifat permusuhan atau penodaan agama, agar orang lain tidak menganut agama yang ada di Indonesia, maka dihukum kurang lebih lima tahun.
Kata Sengaja saya garis bawahi karena siapa yang tahu niat sesorang, entah beliau sengaja atau tidak sengaja, hanya beliau dan tuhan yang tahu. Akan tetapi hukum tetaplah hukum. Sekarang Ahok telah menjadi tersangka oleh KABARESKRIM POLRI.
Saya menulis ini tidak ingin membahas apakah ahok salah atau tidak. Tapi saya di sini ingin membahas aksi demonstrasi 4 november itu. Saya masih bertanda tanya apakah para demonstran waktu itu benar-benar ingin membela islam atau hanya ada kepentingan politik dibelakangnya. Karena yang kita ketahui kejadian itu bertepatan dengan akan dilaksanakannya PILKADA DKI Jakarta.
Jika saya bertanya kepada penggagas aksi 4 november itu, kenapa hanya kasus ahok yang dibesar-besarkan sampai mengadakan aksi besar-besaran. Padahal di Papua pernah terjadi pembakaran masjid, di rohingya terjadi pembantaian umat islam, semua itu tidak kalian perjuangkan?
Saya juga menganalisis ketika ada kasus pembakaran Al-Qur’an di Amerika, semua umat islam di dunia serentak aksi demonstrasi untuk mengutuk perbuatan itu, bahkan tidak hanya umat muslim akan tetapi non muslim juga ikut mengadakan aksi.
Tapi ada satu yang saya pertanyakan lagi kenapa kasus ahok hanya di Indonesia saja yang mengadakan aksi, padahal kasus ini sudah membuming di dunia lewat media sosial. Apa yang terjadi? Apakah mereka semua beranggapan adanya unsur politik pada kasus ini?
Mungkin itu yang bisa saya tulis kritik dan saran sangat saya butuhkan, terimakasih
Wallahulmuwafiq Ila Aqwamitthoriq
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s