MENGHARGAI PERMPUAN = MENGHARGAI IBUMU

095610400_1419209995-22122014-hariibu

22 Desember 2016 – Hari IBU


Tepat pada tanggal 22 desember ini kita semua mengingat jasa-jasa pahlawan kita yang membesarkan kita hingga kita besar dan mempunyai hidup masing-masing, IBU. Ya tanggal 22 desmber adalah hari ibu, ibu identik dengan perempuan, perempuan yang selalu membimbing, menjaga, dan mencintai kita sebagai anak seorang ibu. Beliau tidak pernah lelah untuk menjaga kita, tidak pernah lelah untuk membesarkan kita. Dari mulai kita didalam kandungannya sampai besar selalu dijaganya. Ketika kita kecil kita selalu dijaganya, memang sering kali ibu agak menjengkelkan, akan tetapi itu semua murni kasih sayang ibu. Sampai kita sudah besar sudah mempunyai kehidupan sendiri ibu akan bertanya “kapan pulang nak? Ibu kangen”. Itu yang selalu ibu ucapkan.

Perempuan-perempuan inilah yang menjadi seorang pahlawan bagi anaknya. Akan tetapi banyak orang yang menganggap perempuan itu lemah, perempuan itu bodoh. Tapi ingat perempuan melakukan kebudohon, seolah-olah ia lemah, itu semua karena perempuan berusaha mencintai orang yang dicintainya. Sama halnya juga dengan ibu, seringkali ibu melakukan hal-hal bodoh itu semua karena ingin membahagiakan anaknya.

Padahal dari semua ayat al-qur’an dan hadits banyak sekali yang menjelaskan bahwa kita harus selalu menghargai perempuan. Seperti halnya ketika Rasulullah ditanyai oleh sahabatnya, “wahai Rasulullah kepada siapa pertama kali saya harus berbakti” jawab Rasulullah, “Ibumu!” kemudian sahabat itu bertanya lagi “kemudian siapa?” Rasulullah menjawab “Ibumu!” sahabat itu bertanya kembali “kemudian siapa?” jawab Rasulullah “ibumu!” dan sahabat bertanya lagi “kemudian siapa?” rasulullah menjawab dengan lembut “kemudian bapakmu”. (hadits Bukhari dan Muslim)

Dari hadits diatas ibu disebutkan tiga kali, jadi ibu harus lebih kita hargai. Sama halnya ketika kita menghargai perempuan, kita tidak boleh untuk memaksa dan mencela perempuan didalam al-qur’an disebutkan “Hai orang-orang yang beriman, tidak halal bagi kamu mempusakai wanita dengan jalan paksa dan janganlah kamu menyusahkan mereka karena hendak mengambil kembali sebagian dari apa yang telah kamu berikan kepadanya, terkecuali bila mereka melakukan pekerjaan keji yang nyata. Dan bergaullah dengan mereka secara patut. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.” (QS. An Nisa [4]: 19

Maka dari itu hargailah perempuan, hargailah ibumu. Ketika memang sangat sulit untuk menghargai ibumu, hargailah perempuan. Ketika kalian menghargai perempuan maka kalian sedang berusaha untuk menghargai ibumu.

SELAMAT HARI IBU

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s